Berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai kota di Indonesia membuat masyarakat harus mengikuti aturan pemerintah dengan meminimalisir berpergian keluar rumah guna menghentikan lajur penyebaran Covid-19. Pandemi membuat sebagian besar kegiatan dilakukan di rumah.
Banyak orang yang mengisi berbagai aktivitas guna menghilangkan rasa bosan, salah satunya bercocok tanam. Pandemi membuat sebagian orang gemar bercocok tanam termasuk mengoleksi tanaman hias, indoor maupun outdoor. Penjual tanaman hias dan perlengkapannya jadi kian dicari.
CASA Indonesia, sejak tahun 2006 berkarya di media desain, arsitektur, dan lifestyle, selalu menjadikan topik "Garden & Plants" sebagai sorotan penting. CASA Indonesia merespon animo masyarakat terhadap tren berkebun merawat tanaman hias yang sedang digandrungi.
CASA Indonesia berkolaborasi dengan Tokopedia mengadakan suatu event Festival Tanaman Hias Online, dan Kebutuhan Berkebun yang dinamakan Urban Jungle x Tokopedia pada 1 - 15 November 2020, yang bisa diakses di tokopedia.link/gardening.
“Urban Jungle merupakan respon CASA Indonesia terhadap tren tanaman hias yang terus melonjak sebagai alternatif kegiatan positif di masa pandemi seperti ini”, ujar Putra Tjokro, Head of Content CASA Indonesia.
Urban Jungle x Tokopedia dibagi menjadi 3 kategori promo Festival Tanaman Online di platform belanja digital Tokopedia yaitu: Urban Jungle at Home pada 1 – 12 November 2020, Hydroponic Day pada 13-14 November 2020, hingga Urban Farming at Home pada 15 November 2020.
Urban Jungle x Tokopedia yang disemarakan oleh berbagai tenant, menyediakan berbagai tanaman hias seperti Aglaonema, Monstera, Sanseviera, Begonia Corallina, Calathea, keladi dan masih banyak jenis tanaman hias lainnya. Selain itu adanya berbagai macam tanaman sayuran, tanaman hidroponik, benih dan bibit unggulan, pupuk tanaman, hingga berbagai pot unik dan menarik.
Harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan bervariasi, mulai dari Rp. 30.000,- hingga Rp. 150.000,-.
Urban Jungle x Tokopedia oleh CASA Indonesia memberikan berbagai diskon menarik hingga 50%, ekstra cashback hingga Rp. 100.000,- dan juga promo spesial lainnya. Selain diskon saat berbelanja, CASA Indonesia turut mengadakan beragam event khusus di kanal sosial media Instagram @casaindonesia selama Urban Jungle x Tokopedia berlangsung.
Dimulai dari giveaway produk beberapa tenant Urban Jungle, Instagram Live, webinar bersama para pakar tanaman hias, hingga online challenge dengan hadiah tanaman hits yang sedang diminati para penggemar tanaman.
Rangkaian acara menarik selama Urban Jungle x Tokopedia di Instagram CASA Indonesia yaitu Urban Jungle Corner Challenge berlangsung hingga 13 November 2020. Bagi pemenang yang terpilih, akan mendapatkan tanaman dari expert Urban Jungle, yaitu Tanema by Larch. Selain itu, ada pula berbagai giveaway yang didukung oleh Tatanam serta Kutanam.id, lewat Instagram Live CASA Indonesia.
Bagi design enthusiast serta pencinta tanaman, CASA Indonesia mengadakan sesi Instagram live bersama beberapa tenant di Urban Jungle x Tokopedia yang tentunya ditemani dengan giveaway produk andalan, seperti hasil kerajinan tangan dari Kanna Keramik yang identik dengan produk keramik dengan desain kekinian. Semua tips bisa disaksikan ulang di Instagram @casaindonesia.
Selain Kanna Keramik, CASA Indonesia juga akan menghadirkan Rumahidup untuk membahas seputar tanaman, pada 12 November 2020, pukul 17.00 WIB. Giveaway diberikan untuk 2 orang viewers CASA Indonesia yang beruntung mendapatkan tanaman Fittonia dari toko yang berbasis di Bandung, Jawa Barat ini.
CASA Indonesia juga akan mengajak viewers untuk melepas penat dengan menikmati visual menyegarkan dari tanaman melalui Plant Tour bersama Curah Hujan. Di akhir virtual online tour, juga akan ada hadiah menarik untuk viewers CASA Indonesia yang beruntung pada 14 November 2020, pukul 16.00 WIB.
Tidak hanya sekadar menjual tanaman beserta beragam alat penunjang berkebun lainnya, Urban Jungle x CASA Indonesia turut menghadirkan seri informatif yang merupakan salah satu rangkaian acara dalam Urban Jungle x Tokopedia oleh CASA Indonesia, Kata Expert Series.
Kata Expert Series hadir bersama para ahli seputar topik yang mengelilingi dunia tanaman. Salah satu expert yang ikut serta adalah Asoka Remadja yang akan hadir dalam sesi Instagram Live bersama CASA Indonesia, pada 11 November 2020, pukul 17.00 WIB.
Sebelum Festival Tanaman Online terselenggara, diisi oleh Instagram plan tour Casa Indonesia menjelang Urban Jungle x Tokopedia, dengan mengunjungi berbagai kebun tamanan seperti mengunjungi Salmanda Plants bersama Chacha dan Salmanda, Tanama by Larch bersama Satya Putra.
Melalui Urban Jungle, kolaborasi CASA Indonesia dan Tokopedia diharapkan menjadi wadah untuk mendukung bisnis di industri tanaman hidup, dan menjadi wadah yang terpercaya untuk hunting tanaman dengan harga yang terjangkau dan berkualitas, hingga memberikan informasi seputar tips bercocok tanam dan mengajak banyak orang untuk melakukan aktivitas positif selama pandemi, dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.